Saturday, March 8, 2008

Apa belajar perlu biaya?

Kalian tahu, pertanyaan itu pernah saya dengar, tak sengaja sih menguping saat di rumah terjadi pergulatan argumentasi antara teman & babeh saya he..he..he Itulah yang saya jadikan wacana kita kali ini. "Apa benar belajar itu perlu biaya?" setau saya, bukannya sekolah yang memerlukan biaya yang teramat tinggi? Mulai dari urusan baju, sepatu, alat-alat tulis, buku pelajaran, dll. Itu sih belum seberapa...pas kuliah, Uuuih Biayane rek mahal tenaan. Belum lagi di tambah buku yang tebelnya sama kaya batu bata (dulu wa kira buat jadi senderan kepala aja =) pluus ini nie "Ssst...beh butuh kendaraan nie!? Capek jalan terus, kalo naik bes sering terlambat, macet sana-sini. mana bau keringat lagi. eh...di tambah desak-desakkan pula. Kan nanti bisa babeh yang malu entar-entarnya..saya mah kasihan ma babeh aj, nanti di gunjing-gunjingin orang! beliin yah beh?Ok?Ok?" semua kalimat emas kita di tumpahkan disitu he..he..he

Belajar, itu bisa dimana saja, kapan saja. Kadang ada saja orang yang mau menawarkan dirinya mengajar tanpa meminta imbalan sedikitpun. Ada yang berupa sekolah-sekolah "
jalanan", majelis-majelis taklim, internet, televisi dan kadang ada yang datangnya dari sebuah percakapan yang mulanya biasa-biasa saja. Mudah ya?

Inti dari belajar itu ada 4 kategorinya, Yaitu :

1. Seberapa jauh rasa penasaran kamu?
2. Seberapa dalam pertanyaan-pertanyaan kamu? (ga dalam-dalam juga ga apa-apa ko)
3. Seberapa Inginnya kamu mau mengamalkan itu?
4. Seberapa besar pemahaman mu untuk hal yang kamu pelajari itu?

Itulah yang namanya belajar, berawal dari sekuat dan sehebat apa kamu ingin mengetahui isi dunia ini. Apapun itu, mau kamu ingin merubah diri, orang lain atau dunia sekalipun. Berawal dari diri sendiri. Tergantung kitanya memaknai kata "
belajar" tersebut. "Apakah belajar harus disekolah atau di tempat lain / cara lainnya?" jika kita ingin anak-anak kita masa depannya sukses. kenapa harus belajar melalui sekolah, yang sekarang ini teramat mahal biayanya. Intinya dari tujuan kita adalah anak2 kita sukses di kemudian hari, bukannya begitu? kita sering terfokus kepada intinya bahwa belajar harus di sekolah, bukan mencari ilmunya. jadi kita sering menjadikan jalannya itu cuma satu, tanpa pernah membuatnya menjadi dua atau tiga dst.

Jadi memang, belajar itu kadang memerlukan biaya dan kadang juga tidak. Bagi sobat yang merasa atau memang berekonomi lemah. Jangan sedih & kuatir. Jika ada kemauan pasti ada jalannya ko! Lebih baik dikatakan
bego, tapi berani bertanya. Daripada bego tapi minder (malu bertanya). Semua orang itu pasti akan memberikan ilmunya. jika diminta dengan baik atau diminta secara kasar sekalipun. Dan merekapun punya alasan-alasan yang berbeda-beda, mengapa mereka mau memberi tahu ilmunya kepada kalian :

1. Ingin dilihat
pinter atau berintelek tinggi
2. Pengen pecundangin kita or ngibulin doang
3. Yang benar-benar ingin membantu kita.

Walau kadang apa yang dikatakannya tidak sampai ke kita. Karena ada banyak faktor yang menjadikannya sulit sampai kekita misalnya, cuaca, gangguan indera, dll. Dimanapun dan kapanpun kita masih banyak kesempatan belajar baik sendiri atau bersama. Walau yang terpenting dari belajar adalah adanya seorang guru. Tapi kalau tidak ada.... jangan malulah untuk bertanya kepada siapa saja. itu merupakan langkah awal karena kita ada kemauan untuk itu =)
Sphere: Related Content

No comments: