Sunday, June 1, 2008

Perusahaan Besar Berprilaku Seperti Perusahaan Kecil

Pelajaran ini saya ambil dari buku ‘GE Way and Malcolm Balridge Criteria for Performance Excellence’. Bahwa perusahaan besar tampaknya memiliki keunggulan dan kelihatan indah. Tapi mengapa Jack Welch memperlakukan perusahaan besar seperti perusahaan-perusahaan kecil? Beberapa alasannya adalah :
  • Perusahaan-perusahaan kecil tidak birokratis, orang-orang dalam perusahaan kecil saling memahami satu sama lain karena jumlah mereka tidak banyak.
  • Perusahaan-perusahaan kecil bergerak cepat, mereka memahami kerugian-kerugian yang terjadi apabila mengecewakan pasar.
  • Perusahaan-perusahaan kecil memiliki hirearki manajemen yang sedikit sehingga hubungan pemimpin dan karyawan sangat dekat, kinerja mereka tampak secara jelas dan diketahui satu sama lain
  • Perusahaan kecil memiliki sedikit pemborosan
Alasan-alasan ini yang membuat Jack Welch untuk mengelola GE sebagai sebuah perusahaan besar yang berperilaku seperti perusahaan kecil. Dengan kata lain, tubuh perusahaan besar namun jiwanya tetap seperti perusahaan kecil.

Jack Welch berfokus pada solusi bisnis cepat dan bukannya bergelut dengan birokrasi. Oleh karena itu ia menghilangkan segala macam birokrasi kaku dalam General Electric.



by; Seta PM
Sphere: Related Content

No comments: